FAQ

Pertanyaan yg sering ditanyakan (Klik Pertanyaan / Gambar + untuk melihat jawaban]  Expand All
10 
11 
12 
13 
14 
15 
16 
17 
18 
19 
20 
21 
22 
23 
24 
25 
26 
27 
28 
29 
30 
31 
32 
33 
34 
35 
36 
37 
38 
39 
40 
41 
42 
43 
44  Pertanyaan :
Bagaimana caranya agar saya bisa mengirimkan laporan billing via email?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Pertama, anda harus mensetting outlook express di komputer billing server anda. Hal ini dikarenakan ez timebilling menggunakan outlook express untuk pengiriman email.

Cara mensetting outlook express sendiri tergantung dari email account pengirim yang anda gunakan, apakah anda menggunakan gmail, yahoo atau lainnya.

* Jika menggunakan gmail:

1. Aktifkan POP di akun gmail anda. Caranya:
a) Login kedalam akun gmail anda.
b) Masuk ke settings>Forwarding and POP/IMAP.
c) Di “POP Download” pilih “Enabled POP for mail that arrives from now on”.
d) Klik Save Changes.

2. Setting outlook express anda. Caranya:

a) Login kedalam akun gmail anda.
b) Masuk ke settings>Forwarding and POP/IMAP.
c) Di “POP Download” klik “Configuration instruction”.
d) Di “Mail client” klik “Outlook Express”.
e) Ikuti petunjuknya.

* Jika menggunakan yahoo (hanya bisa menggunakan yahoo.co.id):

1. Aktifkan POP di akun yahoo anda. Caranya:
a) Login kedalam akun yahoo anda.
b) Masuk ke opsi email.
c) Di “POP & Penerusan” pilih “Ijinkan POP untuk Yahoo! Mail anda”.
d) Klik “Simpan Perubahan”.

2. Setting outlook express anda. Caranya:
a) Di Outlook Express anda, klik Tools>Account.
b) Klik Tab Mail.
c) Klik menu Add>Mail.
d) Isi Display Name dengan nama anda.
e) Isi email address dengan email yahoo anda, misalnya pengirim@yahoo.co.id.
f) Isi Incoming Mail (POP3) dengan pop.mail.yahoo.co.id
g) Isi Outgoing Mail (SMTP) dengan smtp.mail.yahoo.co.id
h) Isi Account Name dengan login email anda, misalnya pengirim.
i) Isi Password dengan password email anda.
j) Klik Finish.
k) Di Internet Accounts pilih email yang barusan anda buat.
l) Di Tab Servers, centang “My Server requires authentication”.
m) Klik Tab Advance.
n) Di Server Port number>Outgoing mail (SMTP), centang “This server requires a secure connection (SSL), dan
isikan 465 pada port numbernya.
o) Di Server Port number>Incoming mail (POP3), centang “This server requires a secure connection (SSL), dan
isikan 995 pada port numbernya.
p) Klik Oke.

Untuk email account lainnya selain gmail dan yahoo silahkan merujuk pada panduan masing-masing email account.

Berikutnya, setting informasi email di billing server anda. Caranya:
a) Di EZ Timebilling, masuk ke menu konfigurasi>Laporan.
b) Di bagian “Pengaturan email”, anda isikan alamat email tujuan. Misal tujuan@gmail.com
c) DI bagian "setelah proses tutup hari", silahkan anda centang laporan yang anda ingin secara otomatis terkirim setelah proses tutup hari.
d) Klik tutup untuk menyimpan perubahan.
45 
46 
47 
48 
49 
50 
51 
52 
53 
54 
55 
56 
57 
58 
59 
60 
61 
62 
63 
64 
65 
66 
67 
68