FAQ

Pertanyaan yg sering ditanyakan (Klik Pertanyaan / Gambar + untuk melihat jawaban]  Collapse
Pertanyaan :
Bagaimana cara membeli lisensi program EZ Timebilling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Sangat mudah sekali. Urutan prosedurnya adalah sebagai berikut:
- Download dan install EZ Timebilling.
- Lakukan pembayaran ke rekening kami :

Semuanya atas nama :
Nunik Triwidiati

Bank BCA KCP Jembatan Merah
No. Rek: 682-029-4856

atau

Bank Mandiri KCU Juanda
No.Rek: 133-00-0534378-5

Atau

Bank BNI Bogor
No.Rek: 0142392303

Atau

Bank BRI Bogor
No.Rek: 4799-01-002188-53-0

- Konfirmasikan kepada kami via email ke cs@ezsoft.web.id
- Kirimkan data-data warnet beserta nomor serial billing anda.

Caranya, didalam program Billing masuk ke menu Panduan>registrasi Program, kemudian isikan data-data warnetnya, setelah itu tekan lanjut, dan tekan tombol “simpan ke file”. Berikutnya akan muncul file registrasi.txt. Lalu kirimkan file tersebut via email ke cs@ezsoft.web.id.
- Setelah kami mengecek dan menerima pembayarannya, selanjutnya kami akan mengirimkan kode registrasinya melalui email hari itu juga.
- Berikutnya, anda tinggal melakukan registrasi agar billingnya menjadi Full Version.
Pertanyaan :
Setelah membeli lisensi, apa saja nantinya yang akan kami dapatkan?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Setelah membeli lisensi, nantinya anda akan mendapatkan kode registrasi billing. Mengenai softwarenya sendiri anda dapat langsung mendownloadnya di www.ezsoft.web.id. Selain itu, anda juga akan mendapatkan online support dari kami baik melalui Email dan telepon.
Pertanyaan :
Apakah EZ Timebilling dapat berjalan di OS Linux, MacOS atau hanya di Windows?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Untuk server, EZ Timebilling hanya dapat diinstall di Windows, sedangkan untuk clientnya dapat menggunakan Windows atau Linux. Untuk MacOS sendiri, EZ Timebilling belum mendukungnya mengingat sangat jarang sekali Warnet yang menggunakan MacOS.
Pertanyaan :
Apakah EZ-Soft berencana untuk membuat billing server untuk Linux juga?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Tidak. Kami hanya akan fokus untuk menyediakan server untuk Windows saja, sehingga kami bisa terus mengembangkan dan menambahkan fitur-fitur yang belum ada agar bisa membuat billing ini sejajar kualitas dan fitur-fiturnya dengan produk-produk sejenis dari luar negeri. Namun begitu, kami akan terus memperbaiki kekurangan dan menambahkan fitur-fitur penting yang belum ada di linux client.
Pertanyaan :
Sudah digunakan dimana sajakah program EZ Timebilling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Billing kami sudah banyak digunakan oleh warnet dan game center di Indonesia dan beberapa di luar negeri. Sejak mulai diluncurkan hingga Saat ini, minat masyarakat cukup positif terhadap billing kami, ditandai dengan jumlah pembelian yang cukup baik dan bertambah terus hingga saat ini, bahkan banyak diantara pelanggan kami adalah pengguna billing lain yang kemudian migrasi ke EZ Timebilling.
Pertanyaan :
Apakah EZ Timebilling kompatibel dengan deepfreeze? dan juga apakah kompatibel dengan game dan aplikasi lainnya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Iya, billing kami kompatibel dengan deepfreeze, Norton Go back dan software proteksi lainnya. Billing kami juga kompatibel dengan game baik game offline ataupun online dan juga aplikasi-aplikasi lainnya.
Tips:
- Untuk billing server: silahkan anda menginstall deepfreeze di drive C, sedangkan billing server di drive D, sehingga data billing tidak hilang waktu restart komputer.
- Untuk billing client: silahkan anda menginstall deepfreeze dan billing client di drive C, sehingga billing client anda aman.
Pertanyaan :
Apakah EZ Timebilling bisa digunakan untuk warnet thin client?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Bisa.
Pertanyaan :
Apakah EZ Timebilling bisa menggunakan voucher?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Billing kami sangat fleksibel. Bukan hanya voucher, kami juga menyediakan jenis tarif lainnya seperti Paket,Member,Personal,Pengetikan,Pelajar dan Pegawai. Anda juga bahkan dapat membuat tarif sendiri atau memodifikasi tarif yang sudah ada agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan warnet anda.
Pertanyaan :
Apakah ada versi demo EZ Timebilling untuk saya coba dulu?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Ada. Kami telah menyediakan versi trial yang dapat anda download secara gratis. Versi trial ini berlaku untuk 7 hari namun semua fiturnya dapat dijalankan dengan baik.
10  Pertanyaan :
Berapa Harga program EZ Timebilling? Apakah bisa nego?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Harga lisensi EZ Timebilling adalah Rp.50.000/klien, atau Rp.2.000.000,- untuk unlimited klien. Misalnya anda mempunyai 1 server dan 10 klien, maka anda tinggal membayar sejumlah 10 x Rp.50.000 = Rp.500.000,- servernya sendiri gratis. Namun begitu 1 lisensi EZ Timebilling hanya berlaku untuk 1 buah server, jadi untuk 2 buah server anda harus membeli 2 buah lisensi EZ Timebilling.
Harga ini sifatnya sudah net, jadi kami sudah tidak dapat memberikan pengurangan lagi mengingat harga yang kami tawarkan juga sudah relatif murah dibandingkan fitur-fitur dan kualitas billingnya dan tentunya juga layanan pelanggan kami yang lebih baik.
11  Pertanyaan :
Harga EZ Timebilling relatif murah. Apakah ini berarti kualitasnya kurang bagus?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Meskipun harga yang kami tawarkan relatif murah, tapi fitur-fitur yang ada didalamnya amat lengkap disamping juga keamanannya yang tinggi. Untuk fiturnya, tersedia fitur seperti bandwidth monitor,remote screen viewer, modul penjualan, modul pembelian, pengeluaran kas, automatic reporting via email, dll. Untuk keamanannya, di sisi client program ini dilengkapi dengan fitur FULL anti CTRL+ALT+DEL, sehingga pengguna tidak akan dapat menutup program Billing klien. Selain itu, hanya aplikasi yang sudah didaftarkan di Billing server saja yang dapat dijalankan di Klien, sehingga pengguna tidak akan dapat menjalankan program yang bertujuan untuk meng-hack atau menutup Program Billing klien, dan tidak dapat menginstall program secara sembarangan. Password Administrator yang kami simpan di klien juga di proteksi dengan teknik enkripsi yang kuat, sehingga pengguna tidak akan dapat mengetahui isi password tersebut. Oleh karenanya bila terjadi putus koneksi antara klien dengan server, operator sekalipun tidak akan dapat memakai login Administrator untuk menutup Billing klien, kecuali jika anda beritahukan passwordnya.

Sedangkan di sisi server, program ini dilengkapi dengan modul otorisasi, sehingga anda dapat menentukan hak pakai pengguna Billing server. Oleh karenanya petugas tidak dapat sembarangan mengubah data, membatalkan transaksi atau mengubah konfigurasi dari Billing Server. Selain itu database server diproteksi menggunakan password, sehingga data-data Billing tidak dapat diubah atau dihapus secara manual lewat database. Disamping itu juga, data-data penting yang ada didalam database diproteksi dengan menggunakan teknik enkripsi data yang kuat sehingga tidak akan dapat dimengerti isinya, yang tentunya menambah kuat keamanan data-datanya.
12  Pertanyaan :
Jika sekarang saya membeli lisensi untuk 10 klien, kemudian saya ingin menambah menjadi 15 klien, berapa biaya yang harus saya bayarkan?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Untuk menambah lisensi klien, anda tinggal membayarkan sejumlah klien yang anda tambah. Untuk menambah klien dari 10 menjadi 15, anda tinggal membayarkan sebanyak 5 x Rp.50.000 = Rp.250.000. Atau apabila anda berminat untuk menambahkannya menjadi lisensi unlimited, anda tinggal membayarkan selisihnya saja, yaitu Rp. 2.000.000 - Rp.500.000 = Rp.1.500.000,-
13  Pertanyaan :
Jika saya telah meregister EZ Timebilling kemudian saya menginstall ulang windowsnya, apakah saya harus membeli lisensi EZ Timebilling lagi?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Tidak perlu. Apabila anda harus memformat atau mempartisi ulang harddisk pc billing server anda sekalipun, anda tidak perlu membeli lisensi EZ Timebilling lagi. Anda cukup melakukan registrasi ulang menggunakan kode registrasi yang sama.
14  Pertanyaan :
Jika suatu saat saya ingin mengupgrade pc billing server saya, apakah saya harus membeli lisensi EZ Timebilling lagi?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Tidak perlu, selama anda masih tetap menggunakan harddisk yang sama, ini dikarenakan lisensi EZ Timebilling melekat pada harddisk. Jadi anda dapat mengupgrade cpu billing server anda asal masih tetap menggunakan harddisk yang sama dan juga selama anda tidak mengganti hdd, menambah atau mengurangi hdd, dan mengubah susunan hdd di pc billing server. Jadi hardisk harus terpasang seperti pada waktu pertama kali anda meregistrasi billing server. Sebagai contoh jika pertama kali meregistrasi menggunakan satu hardisk maka jika anda mengganti komputernya(Motherboard,processor dll) maka yang digunakan harus satu hardisk juga. Begitupun dengan 2 hardisk, dst.
15  Pertanyaan :
Harddisk billing server saya rusak. apakah saya harus membeli lisensi EZ Timebilling lagi?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Perlu diketahui bahwa lisensi EZ Timebilling melekat pada hdd. Jadi jika anda mengganti hdd, menambah atau mengurangi hdd, dan mengubah susunan hdd di pc billing server maka itu akan mengubah nomor serial billing.
Kami akan membantu anda memberikan kode registrasi untuk nomor serial billing yang baru, namun akan dikenakan biaya administrasi sebesar 200 ribu rupiah. Silahkan mentansfer pembayarannya ke rekening kami lalu mengirimkan email yang isinya konfirmasi pembayaran dan data warnet dengan nomor serial billing yang baru agar kami bisa mengirimkan kode registrasi yang baru ke email anda.
16  Pertanyaan :
Misal saya sudah register, kemudian karena sesuatu hal saya ingin mengganti alamat warnet atau nomor telepon saya, apakah bisa? dan apakah dikenakan biaya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Anda diperbolehkan mengganti nomor telepon, namun anda tidak diperkenankan mengganti nama warnet, nama pemilik dan alamat. Tentunya, sesudah anda mengganti nomor telepon, anda harus mengirimkan ulang data warnet anda yang baru pada kami agar kami bisa kirimkan kode registrasi yang baru, dan kami tidak akan mengenakan biaya untuk hal tersebut.

17  Pertanyaan :
Untuk melakukan register, apakah saya cukup melakukannya di server atau harus melakukannya juga untuk semua klien saya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Cukup di server. Setelah mendapatkan kode registrasi dari kami, berikutnya anda tinggal meregister billing anda menggunakan kode registrasi yang kami kirimkan ke billing server anda. Jika teregistrasi dengan betul, maka selanjutnya progam anda sudah menjadi Full Version.
18  Pertanyaan :
Jika saya telah membeli EZ Timebilling, kemudian ada update baru yang dirilis. Apakah saya tetap dapat menggunakan update baru tersebut? Apakah ada tambahan biaya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Semua update untuk versi yang sama sifatnya gratis, jadi anda tidak perlu menambahkan biaya lagi. Apabila anda telah menjadi pelanggan kami, maka kami akan memberitahukannya ke anda via email setiap ada update terbaru.
19  Pertanyaan :
Apakah spesifikasi hardware dan software untuk EZ Timebilling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Spesifikasi mimimum untuk EZ Timebilling adalah sbb:
Untuk server:
- Processor Pentium III 650 MHZ
- Memori 128 MB
- Harddisk tersisa 500 MB
- Printer untuk nota dan laporan (opsional)
- OS Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows 2000, Windows 2003
- Outlook Express atau Microsoft Outlook (untuk mengirim laporan via email)

Untuk Client:
- Processor Pentium III 650 MHZ
- Memori 128 MB
- Harddisk tersisa 300 MB
- OS Windows : Windows 98, Windows Me, Windows XP, Windows 2000, Windows 2003
- OS Linux : Semua distro Linux.
20  Pertanyaan :
Bagaimanakah cara menginstall EZ Timebilling? Apakah sulit?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Mudah sekali. Berikut adalah petunjuk instalasi EZ Timebilling:
Untuk Server:
Jika menggunakan Windows Vista, nonaktifkan fitur UAC (Control Panel>User Accounts and Family Safety>User Accounts>Turn User Account Control On or Off)
Jika menggunakan Windows 7, setting fitur UAC (Control Panel>User Accounts and Family Safety>User Accounts>Change User Account Control Settings=Never Notify), lalu restart komputer.
1. Ekstrak file server.zip hasil download (misal ke d:\master).
2. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar tidak bentrok dengan instalasi billing.
3. Jalankan file setup.exe, dan ikuti petunjuknya sampai proses instalasi selesai.
4. Jalankan EZ Timebilling.
Catatan: Anda harus login windows dengan akun Administrator agar EZ Timebilling dapat terinstall dengan baik.

Untuk Client:

Jika menggunakan Windows Vista, nonaktifkan fitur UAC (Control Panel>User Accounts and Family Safety>User Accounts>Turn User Account Control On or Off)
Jika menggunakan Windows 7, setting fitur UAC (Control Panel>User Accounts and Family Safety>User Accounts>Change User Account Control Settings=Never Notify), lalu restart komputer.
1. Ekstrak file client.zip hasil download.
2. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar tidak bentrok dengan instalasi billing.
3. Jalankan file setup.exe, ikuti petunjuk instalasinya sampai selesai.
4. Jalankan Client Shield lewat Start Menu>Programs>EZ-Soft>Client Shield
5. Klik Administrator, masukkan password defaultnya, yaitu "www.ezsoft.com".
6. Masukkan Nomor Workstation (misal: 1).
7. Masukkan IP Address atau nama komputer server billing.
8. Masukkan port server, defaultnya adalah 2021.
9. Klik tombol konek. Billing klien sudah terhubung dengan server.
10. Jika menggunakan Windows Vista, aktifkan kembali fitur UAC.
Jika menggunakan Windows 7, setting fitur UAC ke default kembali.
11. Lakukan langkah-langkah diatas untuk klien lainnya dengan memasukkan nomor workstation yang berbeda.

Untuk Client dengan system thin client (client tanpa harddisk):
1. Di komputer server, ekstrak file client.zip hasil download.
2. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar tidak bentrok dengan instalasi billing.
3. Jalankan file setup.exe, ikuti petunjuk instalasinya sampai selesai.
4. Buka Windows explorer. Setelah itu masuk di folder Program Files (misalnya C:\Program Files), cari folder instalasi billing klien (Client Shield). Salin folder billing klien tersebut ke masing - masing folder user (misalnya C:\Documents and Settings\User1, dst)
5. Setelah itu di komputer user1, masuk ke folder billing client yang tadi telah disalin, dan jalankan file EZShield.exe
6. Masukkan Nomor Workstation (misal: 1).
7. Masukkan port server, defaultnya adalah 2021.
8. Klik tombol konek. Billing klien sudah terhubung dengan server.
9. Lakukan langkah-langkah diatas untuk klien lainnya (user2, user3 dst) dengan memasukkan nomor workstation yang berbeda.
Catatan: Agar billing client bisa autostart saat masuk windows, buat shortcut file EZShield.exe di folder startup komputer klien.

Untuk Client linux:
1. Ekstrak file hasil download ke folder billing client (misal “/home/user/billing/”)
2. Buka file settings.ini dan ubah isiannya seperti berikut:
- ServerIP diisi dengan IP Address dari server Billing.
- WSID diisi dengan Nomor Workstation (misal 1)
- WSName diisi dengan Nama Workstation (misal PC-01)
3. Jalankan Billing klien dengan cara klik dua kali pada file EZNuxShield. Jika tidak berhasil dijalankan, buka permission dari EZNuxShield. Caranya, klik kanan file EZNuxShield, lalu pilih properties. Lalu di bagian permission, centang pilihan “Allow execute”.
4. Billing klien sudah terhubung dengan server.
5. Lakukan langkah-langkah diatas untuk klien lainnya dengan memasukkan nomor workstation dan nama workstation yang berbeda.
21  Pertanyaan :
Saya telah berhasil menginstall dan menseting konfigurasi klien, tapi kenapa di klien No. 1 hanya muncul Administrator saja?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Coba ke pc billing server, lalu masuk ke menu atur W/S. Setelah itu hapus W/S nomor 1. Kemudian anda ke pc billing klien nomor 1, seting ulang
22  Pertanyaan :
Saya telah berhasil menginstall dan menseting konfigurasi klien, tapi kenapa di semua klien hanya muncul Administrator?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Ada beberapa kemungkinan:
- Di klien, anda belum mengisikan ip address server dengan betul. Apabila anda tidak tahu ip addressnya, anda bisa juga mengisikan nama komputer pc server. Selain itu ada juga kemungkinan anda mengisikan nomor workstation yang telah digunakan oleh klien. Solusinya, ganti nomor workstation.
- Masalah jaringan. Coba cek jaringan anda, mulai dari kartu jaringan baik di server maupun di klien, hub, kabel jaringan dan juga konfigurasi jaringan anda sendiri. Pastikan bahwa tidak ada masalah dengan jaringan anda.
- Virus. Pastikan komputer server dan klien anda bebas dari virus. Gunakan antivirus yang baik agar anda benar-benar yakin bahwa komputer anda sudah terjaga dengan baik.
- Windowsnya bermasalah. Pastikan tidak ada masalah pada windows anda, karena jika Windowsnya bermasalah maka tentunya akan berakibat pada terganggunya aplikasi yang lainnya, termasuk Billing. Apabila memang bermasalah, maka anda harus menginstall ulang Windows anda.
- Billing server diblok oleh Windows Firewallnya. Solusinya, nonaktifkan windows firewall di pc billing server. Dan jika masih belum bisa jika, nonaktifkan juga windows firewall di pc client.

Apabila dari semua cara diatas sudah anda coba dan ternyata masih tetap hanya muncul Administrator di klien, maka solusinya ada 2:
1.Hapus semua W/S yang sudah terdaftar di billing server. Caranya, masuk ke menu atur w/s, lalu klik tombol hapus W/S. Lakukan pada semua W/S yang terdaftar
2.Jika masih gagal dengan cara kesatu, anda bisa mencoba menginstall Billing Server dan klien di pc lainnya yang menurut anda bagus dan masih bersih.
23  Pertanyaan :
Saya ingin menginstall ulang Billing server tapi tidak ingin data-data yang sebelumnya hilang. Bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall ulang billing server :
1. Di PC Billing server, buka windows explorer, kemudian masuk ke folder instalasi billing server, misalnya c:\program files\ez timebilling.
2. Salin file billing.mdb, server.ini (jika ada) dan folder ClientApp ke folder sementara, misalnya ke D:\temp.
3. Uninstall billing server, dan lanjutkan dengan install billing server.
4. Setelah proses install ulang selesai, salin ketiga file dan folder tadi dari folder D:\temp ke folder instalasi billing.
5. Jalankan ulang EZ Timebilling.
24  Pertanyaan :
Saya ingin membuat Paket 10 Jam Rp. 15.000,- Sekali Habis, hanya bisa digunakan antara jam 20.00 s/d 06.00, dan billing otomatis stop setelah jam 06.00, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Paket
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Membutuhkan otorisasi akun
- Jam penggunaan: 20:00:00 s/d 06:00:00
- Autostop billing jika telah melewati waktu penggunaan

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Nama: Paket 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 15.000
25  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Paket
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Membutuhkan otorisasi akun
- Jam penggunaan: 06:00:00 s/d 09:00:00

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Nama: Paket 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 20.000
26  Pertanyaan :
Saya ingin membuat Paket 10 Jam Rp. 20.000,- Sekali Habis, dengan jam login bebas, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Paket
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Membutuhkan otorisasi akun

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar sekali pakai
- Nama: Paket 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 20.000
27  Pertanyaan :
Saya ingin membuat Voucher 10 Jam Rp. 20.000,- sisa saldo bisa dipakai lagi, hanya bisa digunakan antara jam 20.00 s/d 06.00, dan billing otomatis stop setelah jam 06.00, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Voucher
- Jenis akun: Prabayar
- Membutuhkan otorisasi akun
- Jam penggunaan: 20:00:00 s/d 06:00:00
- Autostop billing jika telah melewati waktu penggunaan

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar
- Nama: Voucher 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 20.000
28  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Voucher
- Jenis akun: Prabayar
- Membutuhkan otorisasi akun
- Jam penggunaan: 06:00:00 s/d 09:00:00

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar
- Nama: Voucher 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 25.000
29  Pertanyaan :
Saya ingin membuat Voucher 10 Jam Rp. 30.000,- sisa saldo bisa dipakai lagi, dengan jam login bebas, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Voucher
- Jenis akun: Prabayar
- Membutuhkan otorisasi akun

*Di Kelompok Akun:
- Jenis akun: Prabayar
- Nama: Voucher 10 jam
- Waktu: 10 jam
- Biaya: Rp. 30.000

30  Pertanyaan :
Saya ingin membuat tarif member, dengan biaya registrasi Rp. 10.000/tahun dan biaya perpanjangannya Rp. 5.000/tahun, dengan tarif Rp. 4.000/jam, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Member
- Jenis akun: Pascabayar
- Membutuhkan otorisasi akun
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 Menit, Biaya 4000

*Di Kelompok Akun:

- Jenis akun: Pascabayar
- Nama: Member 1 tahun
- Biaya: Rp. 5.000
- Biaya aktifasi: Rp. 5.000
- Berlaku untuk: 365 hari
31  Pertanyaan :
Saya ingin membuat tarif nonmember, dengan tarif Rp. 4.000/jam, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 4000
32  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Happy hour
- Jenis akun: Pascabayar
- Merupakan sub tarif
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 3000

- Jam penggunaan: 22:00:00 s/d 07:00:00

*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 4000

- Penyesuaian tarif: centang “happy hour”
- Metoda Penyesuaian tarif: centang “Akumulatif”.
33  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Happy hour
- Jenis akun: Pascabayar
- Merupakan sub tarif
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 3000

- Jam penggunaan: 22:00:00 s/d 07:00:00

*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:
Menit
Biaya

Setiap 60 menit, biaya 4000

- Penyesuain tarif: centang “happy hour”
- Metoda Penyesuaian tarif: centang “Flat berdasarkan waktu stop”.
34  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Happy hour
- Jenis akun: Pascabayar
- Merupakan sub tarif
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 3000

- Jam penggunaan: 22:00:00 s/d 07:00:00

*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 4000

- Penyesuain tarif: centang “happy hour”
- Metoda Penyesuaian tarif: centang “Flat berdasarkan waktu login”.
35  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

baris 1: Setiap 60 menit, biaya 4000
baris 2: Setiap 60 menit, biaya 3000, setelah(mnt) 300
44  Pertanyaan :
Bagaimana caranya agar saya bisa mengirimkan laporan billing via email?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Pertama, anda harus mensetting outlook express di komputer billing server anda. Hal ini dikarenakan ez timebilling menggunakan outlook express untuk pengiriman email.

Cara mensetting outlook express sendiri tergantung dari email account pengirim yang anda gunakan, apakah anda menggunakan gmail, yahoo atau lainnya.

* Jika menggunakan gmail:

1. Aktifkan POP di akun gmail anda. Caranya:
a) Login kedalam akun gmail anda.
b) Masuk ke settings>Forwarding and POP/IMAP.
c) Di “POP Download” pilih “Enabled POP for mail that arrives from now on”.
d) Klik Save Changes.

2. Setting outlook express anda. Caranya:

a) Login kedalam akun gmail anda.
b) Masuk ke settings>Forwarding and POP/IMAP.
c) Di “POP Download” klik “Configuration instruction”.
d) Di “Mail client” klik “Outlook Express”.
e) Ikuti petunjuknya.

* Jika menggunakan yahoo (hanya bisa menggunakan yahoo.co.id):

1. Aktifkan POP di akun yahoo anda. Caranya:
a) Login kedalam akun yahoo anda.
b) Masuk ke opsi email.
c) Di “POP & Penerusan” pilih “Ijinkan POP untuk Yahoo! Mail anda”.
d) Klik “Simpan Perubahan”.

2. Setting outlook express anda. Caranya:
a) Di Outlook Express anda, klik Tools>Account.
b) Klik Tab Mail.
c) Klik menu Add>Mail.
d) Isi Display Name dengan nama anda.
e) Isi email address dengan email yahoo anda, misalnya pengirim@yahoo.co.id.
f) Isi Incoming Mail (POP3) dengan pop.mail.yahoo.co.id
g) Isi Outgoing Mail (SMTP) dengan smtp.mail.yahoo.co.id
h) Isi Account Name dengan login email anda, misalnya pengirim.
i) Isi Password dengan password email anda.
j) Klik Finish.
k) Di Internet Accounts pilih email yang barusan anda buat.
l) Di Tab Servers, centang “My Server requires authentication”.
m) Klik Tab Advance.
n) Di Server Port number>Outgoing mail (SMTP), centang “This server requires a secure connection (SSL), dan
isikan 465 pada port numbernya.
o) Di Server Port number>Incoming mail (POP3), centang “This server requires a secure connection (SSL), dan
isikan 995 pada port numbernya.
p) Klik Oke.

Untuk email account lainnya selain gmail dan yahoo silahkan merujuk pada panduan masing-masing email account.

Berikutnya, setting informasi email di billing server anda. Caranya:
a) Di EZ Timebilling, masuk ke menu konfigurasi>Laporan.
b) Di bagian “Pengaturan email”, anda isikan alamat email tujuan. Misal tujuan@gmail.com
c) DI bagian "setelah proses tutup hari", silahkan anda centang laporan yang anda ingin secara otomatis terkirim setelah proses tutup hari.
d) Klik tutup untuk menyimpan perubahan.
36  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

baris 1: Setiap 60 menit, biaya 4000
baris 2: Setiap 60 menit, biaya 3000, setelah(mnt) 300

- Centang "Akumulasikan perhitungan tarif"
37  Pertanyaan :
Saya ingin membuat tarif nonmember, dengan tarif Rp. 4.000/jam, dengan toleransi 1 menit pada jam pertama, bagaimanakah caranya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Toleransi waktu: 1 menit
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 60 menit, biaya 4000
38  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Pembulatan: Rp. 500
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 15 menit, biaya 1250
39  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Minimal pemakaian: 30 menit, biaya: Rp. 2.000
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:

Setiap 15 menit, biaya 1000
40  Pertanyaan :Jawaban :
*Di Tarif:
- Nama: Personal
- Jenis akun: Pascabayar
- Di perhitungan biaya, isikan sbb:
baris 1: Setiap 20 Menit, biayanya 1500
baris 2: Setiap 40 Menit, biayanya 2500
baris 3: Setiap 60 Menit, biayanya 3500
52  Pertanyaan :
Billing klien tidak dapat mengirimkan pesan ke billing server.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Hal itu dikarenakan setting di billing server anda. Di billing server silahkan masuk ke menu Workstation>Pesan, hilangkan centang pada pilihan "Nonaktifkan penerimaan pesan".
51  Pertanyaan :
Di Billing server muncul error “[13] Type mismatch at Billing,mdlMain.SQLDate” ?


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Error tersebut muncul dikarenakan windows regional setting di komputer anda tidak valid. Solusinya:
1. Di komputer billing server, tutup billing server.
2. Di windows, klik start menu>Settings>Control Panel>Regional and Languages option. Di tab “Standards and Formats”
ubah pilihannya menjadi English atau Indonesian.
3. Jalankan kembali Billing server.
42  Pertanyaan :
Jika sedang memainkan games tertentu, misal Ayodance, kenapa tidak dapat menutup billing klien?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Untuk games tertentu, misal ayodance, memang games tidak dapat tertutup setelah billing stop, dimana games tersebut memaksa untuk tetap tampil di paling depan sehingga otomatis menutupi tampilan billing klien.
Solusinya:
1. Di billing server, masuk ke menu atur w/s>pengaturan>umum.
2. Di bagian "sesudah stop billing", pilih "jalankan perintah ini", dan pilih restart.
3. Isikan waktunya di bagian "sesudah", untuk menentukan berapa lama komputer harus merestart setelah billing stop.
4. Kirim ke semua klien.
43  Pertanyaan :
Mengapa antivirus tertentu, seperti Avira, AVG atau SMADAV, mendeteksi billing klien sebagai virus?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Beberapa antivirus tertentu memang mendeteksi billing klien (ezshield.exe) sebagai virus. Hal ini sebetulnya adalah false alarm (salah deteksi) dari antivirus yang menganggap billing klien sebagai virus. Kami pastikan EZ Timebilling bebas dari virus. Solusinya anda harus memasukkan billing klien (ezshield.exe) kedalam exception list di antivirusnya agar billing klien tidak dideteksi sebagai virus. Caranya:

* Jika menggunakan antivirus Avira:
1. Di Avira, masuk ke menu configuration>centang “Expert Mode”.
2. Masuk ke Scanner>Scan>Exceptions. Di bagian “File objects to be omitted by the scanner” klik tombol browse (…), lalu tambahkan billing klien (ezshield.exe) kedalam exceptions list.
3. Masuk ke Scanner>Guard>Scan>Exceptions. Di bagian “File objects to be omitted by the guard” klik tombol browse (…), lalu tambahkan billing klien (ezshield.exe) kedalam exceptions list.
4. Klik Oke.

* Jika menggunakan antivirus SMADAV:
1. Di SMADAV, masuk ke tab settings, lalu klik tombol Manage.
2. Klik tombol Add File, lalu tambahkan billing klien (ezshield.exe) kedalam exceptions list.
3. Klik Oke.

* Jika menggunakan antivirus AVG:
1. Di Avg, masuk ke menu Option > Advance settings > Exception
2. Klik tombol Add Exception >
3. Klik Select Excetion Type, lalu pilih file
4. Klik tombol browse lalu pilih file billing klien (ezshield.exe)
5. Klik ceklist pada pilihan Any location
6. Pada Bagian "use this exception for" pilih/ceklist "Resident Shield", "Identify Protection", "Scan"
dan "Anti Rootkit"
7. Klik tombol Ok.

Untuk antivirus lainnya kurang lebih sama, anda tinggal memasukkan billing klien (ezshield.exe) kedalam exception list didalam antivirusnya.
41  Pertanyaan :
Billing client saya dihack oleh user menggunakan software/tools sehingga user bisa main tanpa billing. Bagaimana cara menanggulanginya.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Silahkan anda aktifkan fitur blok aplikasi di billing server. Caranya:
1. Di pc billing server, masuk ke menu konfigurasi>tarif.
2. Buka tarif yang anda gunakan, lalu masuk ke blok aplikasi.
3. Di bagian "Aplikasi yang boleh dijalankan", centang pilihan "Aktifkan fitur blok aplikasi".
4. Setelah itu daftarkan aplikasi yang boleh dijalankan.
5. Setelah selesai tekan tombol Oke.
Lakukan pada semua tarif yang anda gunakan.
45  Pertanyaan :
Muncul pesan "Registry Editing has been disabled by your Administrator" ketika akan meregister ez timebilling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Perlu diketahui bahwa Informasi registrasi EZ Timebilling disimpan didalam windows registry. Pesan tersebut muncul karena windows registrynya terkunci. Solusinya:
1. Di windows klik start menu>Run>ketik "gpedit.msc" (tanpa kutip).
2. Kemudian masuk ke menu User Config>Administrative Templated>System. Di sebelah kanan buka (double klik) pada pilihan "Prevent access to registry editing tools", pilih "Not configured", lalu klik oke.
3. Selanjutnya silahkan registrasi ulang ez timebilling.

Namun jika ternyata masih muncul masalahnya, maka silahkan anda install ulang windowsnya dan pastikan anda menginstall dan meregistrasikan EZ Timebilling sebelum menginstall program lainnya.
46  Pertanyaan :
Di klien muncul pesan "Detected:Impersonate activity by ezshield.exe" saat akan menjalankan game tertentu seperti Idol Street atau Luna Online.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Hal ini disebabkan karena gameguard engine yang ada pada game-game Lyto, yakni delphine.exe, bentrok dengan ez timebilling, dan terjadi jika fitur blok aplikasi di ez timebilling diaktifkan. Masalah tersebut hanya terjadi pada game yang menggunakan delphine saja sebagai gameguardnya, selain itu tidak.
Solusinya, silahkan anda nonaktifkan fitur blok aplikasi di billingnya (konfigurasi>tarif>blok aplikasi, hilangkan centang pada "nonaktifkan fitur blok aplikasi").
47  Pertanyaan :
Mengapa saya tidak dapat mengedit atau menghapus akun Administrator (ADM) di billing server dari menu pengguna? Bahkan saya tidak dapat mengubah passwordnya.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Khusus untuk akun Administrator memang tidak bisa diedit atau dihapus karena merupakan akun yang paling tinggi hak aksesnya. Namun begitu anda dapat mengubah sandi/passwordnya. Caranya anda harus login billing sebagai ADM lalu masuk ke menu Program>Administrator>Ubah Sandi.
48  Pertanyaan :
Di billing server muncul error "Active-X component can't create object at billing,MdlMain.main"?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Error tersebut dikarenakan terdapat kerusakan pada sistem billing anda. Silahkan anda install ulang billing server anda.
49  Pertanyaan :
Ketika saya akan membuka file database billing (billing.mdb) di windows explorer ternyata muncul dialog yang meminta password database. Apakah saya bisa meminta password databasenya.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Mohon maaf, dikarenakan alasan keamanan maka kami tidak dapat memberikan password database billingnya.
50  Pertanyaan :
Saya lupa password akun Administrator (ADM) di billing server. Bagaimana solusinya.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Silahkan anda kirimkan database billing anda via email untuk kami reset password Administrator anda disini. Caranya:
1. Di pc billing server anda, tutup billing server.
2. Buka windows explorer, lalu masuk ke folder instalasi ez timebilling (misal c:\program files\ez timebilling).
3. Cari file billling.mdb, lalu kompress menggunakan winzip atau winrar.
4. Kirimkan file hasil kompresi ke email kami beserta data registrasi warnet anda dengan menggunakan alamat email yang digunakan saat anda melakukan registrasi EZ Timebilling.
Berikutnya kami akan mengirimkan kembali file database yang telah kami reset password Administratornya ke email anda.
53  Pertanyaan :
Saya telah mensetting fungsi Windows Auto Login lewat billing agar klien dapat login otomatis ketika masuk windows, namun mengapa tidak berfungsi jika klien menggunakan windows 7.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Fungsi Auto Login Windows untuk saat ini memang hanya dapat digunakan pada klien yang menggunakan windows XP.
Namun begitu anda dapat mensetting fungsi tersebut untuk windows 7 secara manual lewat Registry Editor. Caranya:
1. Di pc billing klien, jalankan registry editor. klik start menu windows>run>ketik regedit.exe, lalu tekan tombol enter.
2. Di registry editor masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\winlogon
3. Klik kanan di Winlogon>new>string value. Ketik AutoAdminLogon. Doubleklik pada AutoAdminLogon, lalu ketik 1 pada value data.
4. Klik kanan di Winlogon>new>string value. Ketik DefaultUserName. Doubleklik pada DefaultUserName, lalu ketik nama akun windows anda pada value data. Misal: user.
5. Klik kanan di Winlogon>new>string value. Ketik DefaultPassword. Doubleklik pada DefaultPassword, lalu ketik password akun windows anda pada value data. Misal: password.
6. Tutup Registry Editor. Restart pc klien anda.
54  Pertanyaan :
Di windows 7 billing klien tidak otomatis muncul saat masuk windows.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Hal itu dikarenakan anda belum mensetting User Access Control (UAC) pada windows 7. Silahkan ikuti langkah berikut:
1. Di pc billing klien, masuk ke start menu>Control Panel>User Accounts and Family Safety>Change User Account Control Settings>Setting pada "Never Notify").
2. Restart komputer.
3. Jalankan billing klien.
4. Restart komputer. Berikutnya billing klien anda seharusnya sudah auto start saat login windows.
55  Pertanyaan :
Bagaimana caranya untuk memproteksi agar drive tertentu di komputer klien tidak dapat diakses oleh user?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Hal tersebut tidak dapat dilakukan lewat billing. Anda harus menggunakan Group Policy pada windows. Caranya:
1. Di pc klien, klik start menu>run>ketik gpedit.msc, tekan enter.
2. Muncul Group Policy, masuk ke User COnfiguration>Administration Templates>Windows Explorer.
3. Di tab sebelah kanan, doubleklik pada pilihan "Prevents users from using My Computer"
4. Pilih setting "Enabled". Lalu dibagian "Pick One of the following combinations" pilih drive yang ingin anda proteksi.
5. Klik Oke
56  Pertanyaan :
Apakah EZ Timebilling bisa dipergunakan pada jaringan yang menggunakan IP Dinamis?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Bisa. EZ Timebilling bisa anda gunakan untuk klien yang menggunakan IP statis ataupun dinamis. Hal ini dikarenakan Billing server tidak menggunakan IP klien sebagai identitas unik dari klien, melainkan computer name dari klien tersebut.
Misalkan PC klien nomor 2 dengan IP 192.168.1.2 dan computer namenya PC-02 akan didaftarkan ke billing server, maka billing server akan menggunakan computer name PC-02 sebagai identitas unik dari klien nomor 2 tersebut, yang artinya jika ada klien lain dengan computer name yang sama, yaitu PC-02, maka klien tersebut tidak bisa didaftarkan ke billing server.
Sedangkan Jika pc billing server anda juga menggunakan IP dinamis, maka gunakanlah computer name dari pc billing server saat anda mengisikan Alamat/Nama Server pada setting koneksi billing klien.
57  Pertanyaan :
Muncul error "Setup cannot continue because some system files are out of date on your system...". Terjadi saat menginstall billing server.?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Biasanya error tersebut terjadi dikarenakan anda menggunakan windows XP service pack 1 (SP1) kebawah. Silahkan anda upgrade windows XP anda ke SP2 keatas. Namun jika ternyata anda telah menggunakan SP2 keatas dan masih bermasalah, kemungkinan besar windows anda rusak. Silahkan anda install ulang windows anda.
58  Pertanyaan :Jawaban :
1. Klik start menu windows>Run, ketik regedit, lalu tekan ENTER.
2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon.
3. Doble klik di bagian "Shell", lalu isikan dengan "Explorer.exe" (tanpa kutip).
4. Tutup Registry Editor.
59  Pertanyaan :
Mengapa harus melakukan ganti shift dan tutup hari setiap harinya?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Di EZ Timebilling terdapat istilah Tutup hari dan Ganti Shift.
Proses tutup hari akan menutup transaksi hari ini yang sudah dibayar agar program dapat mempersiapkan untuk transaksi baru, tanpa menutup transaksi yang masih berjalan atau belum dibayar. Setelah dilakukan proses tutup hari, maka tanggal audit akan ditambahkan 1 hari, mengubah shift menjadi shift 1, mereset saldo awal, dan memindahkan data-data transaksi yang sudah dibayar ke tabel history.
Sedangkan proses ganti shift gunanya untuk melakukan pergantian shift jaga, misal dari shift 1 menjadi shift 2. Setelah melakukan Ganti Shift, maka saldo awal akan di nolkan kembali (direset).

Perlu diketahui bahwa di EZ Timebilling anda harus melakukan proses tutup hari saat akhir shift setiap harinya, dan melakukan ganti shift setiap terjadi pergantian shift.
Kami berikan contoh sbb:
1. Misalkan di warnet anda terdapat 2 shift, yaitu dari jam 7 pagi s/d jam 3 sore, shift 2 dari jam 3 sore s/d jam 11 malam, maka yang perlu anda lakukan adalah sbb:
- Pada jam 3 sore atau saat akan ganti shift dari shift 1 ke shift 2, lakukan ganti shift.
- Pada jam 11 malam atau saat warnet akan tutup, lakukan tutup hari.

2. Misalkan di warnet anda terdapat 3 shift, yaitu dari jam 7 pagi s/d jam 3 sore, shift 2 dari jam 3 sore s/d jam 11 malam, dan shift 3 dari jam 11 malam s/d jam 7 pagi hari berikutnya, maka yang perlu anda lakukan adalah sbb:
- Pada jam 3 sore atau saat akan ganti shift dari shift 1 ke shift 2, lakukan ganti shift.
- Pada jam 11 malam atau saat akan ganti shift dari shift 2 ke shift 3, lakukan ganti shift.
- Pada jam 7 pagi hari berikutnya atau saat akan ganti shift dari shift 3 ke shift 1 hari berikutnya, lakukan tutup hari.
60  Pertanyaan :
Biling klien tidak stop/tidak menutup sedangkan di biling server sudah stop?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Hal ini biasanya terjadi ketika menjalankan aplikasi/game-game tertentu yang memang sulit sekali ditutup oleh biling.
Contoh game yg sulit ditutup oleh biling Lost saga, ayodance dll.
Karena sulit untuk menutup biling maka solusi untuk mengatasinya adalah dengan merestart komputer secara otomatis
menggunakan biling/autorestart komputer ketika biling stop dengan membuat pengaturan di biling server dengan cara:
1. sebelumnya update biling kliennya ke versi 1.3.1 http://www.ezsoft.web.id/billing/download/Client%20v1.3.1.zip,
2. Masuk ke menu Atur W/S > Tab Pengaturan > Tab Umum
3. Pada bagian "Sesudah Stop Biling" pilih "Jalankan Perintah ini" pilih Restart Komputer
4. Isi waktu sesudah brp detik
5. Klik Tombol Kirim Ke semua klien
6. Klik Tombol Tutup.
Jadi ketika biling stop maka biling akan merestart komputer secara otomatis.
61  Pertanyaan :
Bagaiamana cara memblok aplikasi-aplikasi yang tidak diinginkan ataupun aplikasi yang dapat menghide/mengkill biling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Cara memblok aplikasi yang tidak diinginkan tersebut menggunakan biling caranya:
1. masuk ke menu Konfigurasi > Tarif > Personal/Voucher/Paket > Tab Blok Aplikasi
2. Ceklist/centang Aktifkan fitur blok aplikasi
3. ke menu "Tab Kata-kata yang diblok"
4. Jalankan aplikasi untuk menghide/mengkill file biling misal Hidetool
5. Setelah dijalankan lalu lihat nama aplikasi di Title bar paling atas yg berwarna biru
6. misal namanya di titile bar tersebut "hidetool"
7. Kembali ke biling ke menu tab kata-kata yang di blok
8. klik tombol dgn gambar Icon Pensil
9. Masukan nama aplikasi "Hidetool"
10.Klik Save di notepad tsb
11.Klik Tanda Panah dua ">>" ke kanan
12.Klik Tombol Simpan( Gbr Disk)
13.Klik tombol Oke
14.Lakukan hal tersebut no 1 s.d 13 di semua tarif
maka ketika user menjalankan aplikasi tersebut maka aplikasi tersebut akan di blok oleh biling.
62  Pertanyaan :
Bagaimana cara memblok situs web tertentu menggunakan biling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Cara memblok situs web menggunakan biling caranya:
1. masuk ke menu Konfigurasi > Tarif > Personal/Voucher/Paket > Tab Blok Aplikasi
2. Ceklist/centang Aktifkan fitur blok aplikasi
3. Ke menu "Tab Kata-kata yang diblok"
4. misal namanya website.com
5. Kembali ke biling, di tab kata-kata yang di blok
6. klik tombol dng gambar Icon Pensil
7. Masukan nama aplikasi website.com
8. klik Save notepad tsb
9. Klik Tanda Panah dua ">>" ke kanan
10.Klik Tombol Simpan( Gbr Disk)
11.Klik tombol Oke
12 Lakukan langkah 1 s.d 11 di semua tarif
maka ketika user mengakses website.com maka browser yang mengakses website tersebut akan di blok oleh biling.
63  Pertanyaan :
Bagaimana jika muncul pesan error failed to open database pada saat menjalankan pertama kali Biling?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Pesan tersebut muncul dikarenakan file database dalam folder Ez timebilling hilang ataupun rusak.
lalu ada kotak dialog yg muncul disertai tombol locate database dan restore maka yang perlu dilakukan adalah:
1. Pilih dengan mengklik tombol restore.
2. Lalu akan masuk ke form restore database, klik browse folder backup
3. pilih file database dari folder backup yaitu file dengan nama biling diikuti dengan tanggal dibelakangnya contoh : Billing_13-04-2013_13-29.mdb
4 lalu klik tombol restore.
5. Jika file database backupnya bagus maka setelah itu biling akan berjalan normal seperti biasa dengan menggunakan data dari file databse yg sesuai dengan tanggal database tsb.
6. Apabila setelah dipilih file database misal dgn tanggal terakhir masih muncul pesan error diatas berarti file database tersebut rusak.
7. Jika file database yg dipilih tersebut rusak maka restore kembali file database dengan tanggal sebelumnya. Dengan konsekwensi data yang terestore jika berhasil sesuai dengan tanggal dari file database yang dipilih.
64  Pertanyaan :Jawaban :
Penyebabnya adalah karena resolusi gambar dan juga dimensi gambar yang dikirim terlalu besar dari yang seharusnya, untuk itu coba disamakan resolusi gambar dan dimensi gambar yg akan dikirim dengan gambar yg sebelumnya atau gambar aslinya. Sedangkan untuk memperbaiki biling klien yang rusak tersebut, karena untuk memperbaikinya kita tidak bisa masuk ke windows maka untuk itu bisa digunakan windows live cd ataupun linux live cd. Setelah menjalankan live cd tersebut setelah masuk windows atau linux, hapus file biling. Setelah direstart dan masuk kembali uninstall billing klien dan kemudian instal kembali biling kliennya. Jika tidak bisa menggunakan live cd anda bisa melakukan tandem hardisk tersebut di komputer lain dan menghapus file bilingnya.
65  Pertanyaan :
Bagaimana mengatasi komputer biling klien yang hang atau crash setelah mengganti gambar wallpaper biling tanpa menginstal ulang windows ?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Untuk memperbaiki biling klien yang rusak tersebut, karena untuk memperbaikinya kita tidak bisa masuk ke windows maka untuk itu bisa digunakan windows live cd ataupun linux live cd. Setelah menjalankan live cd tersebut setelah masuk windows atau linux, hapus file biling. Setelah direstart dan masuk kembali uninstall billing klien dan kemudian instal kembali biling kliennya. Jika tidak bisa menggunakan live cd anda bisa melakukan tandem hardisk tersebut di komputer lain dan menghapus file bilingnya.
66  Pertanyaan :
Laporan pendapatan ataupun di form pembayaran angka yang seharusnya 3000 berubah menjadi angka 3 saja, bagaimana memperbaikinya ?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Untuk memperbaikinya
1. masuk control panel di windows
2. Klik/jalankan menu Regional and Language option
3. Pada pilih select an item and match to preference....
4. Jika dari Indonesia pilih English(US) dan sebaliknya
5. lalu klik tombol apply
6. Lalu kembalikan setingan sesuai keinginan misal mau dirubah
ke Indonesia kembali atau ke English(US)
7. lalu klik tombol apply
8. Lalu klik tombol OK
9. Lalu jalankan kembali biling servernya.
67  Pertanyaan :
Bagaimana cara membackup file database secara otomatis setiap saat?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Membackup file database sangat penting untuk dilakukan karena untuk menjaga jika terjadi sesuatu seperti file databse rusak dll. Caranya :
1. masuk ke menu konfigurasi > database
2. Pada bagian 'database' pilih lokasi direktori dimana file database berada
3. Ceklist/pilih Backup database dan isi setiap berapa jam/menit
4. Ceklist/pilih Hapus backup file database (isi setelah berapa hari)jika sudah terlalu banyak atau sudah lama sekali tergantung keinginan
5. Pada bagian 'folder backup' pilih lokasi direktori file database backup ingin ditempatkan
6. Klik tombol Backup database(paling bawah) jika ingin membackup file database saat itu juga.
68  Pertanyaan :
Bagaimana cara merestore database?

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jawaban :
Jalankan file restoreDB.exe yg ada di dalam folder EZ Timebilling
1. Setelah masuk ke form restore database, klik browse folder backup
2. pilih file database dari folder backup yaitu file dengan nama biling diikuti dengan tanggal dibelakangnya contoh : Billing_13-04-2013_13-29.mdb
3 lalu klik tombol restore.
4. Jika file database backupnya bagus maka setelah itu biling akan berjalan normal seperti biasa dengan menggunakan data dari file databse yg sesuai dengan tanggal database tsb.
5. Apabila setelah dipilih file database misal dgn tanggal terakhir masih muncul pesan error diatas berarti file database tersebut rusak.
6. Jika file database yg dipilih tersebut rusak maka restore kembali file database dengan tanggal sebelumnya. Dengan konsekwensi data yang terestore jika berhasil sesuai dengan tanggal dari file database yang dipilih.
7. Jika semua file database yg ada difolder backup sudah dicoba untuk direstore dan biling tidak bisa dijalankan lagi, maka tidak ada lagi bisa yg dilakukan kecuali menginstal baru billing dengan menggunakan database yg baru.